Sunday, April 25, 2010

Tes Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Seminggu penuh (dari hari Minggu 18 April sampai Minggu 25 April), aku berempat dengan Pak Lilo (UNS), Pak Himawan (Udinus), dan Pak Budiharjo (Udinus) diminta oleh Bidang Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menjadi penguji kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi guru-guru SMA dan SMK RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional).
Melalui dua kali rapat, diputuskanlah dilakukan tes tertulis dan tes praktik. Tes praktik menggunakan materi yang selama ini aku gunakan untuk menguji kompetensi komputer mahasiswa pascasarjana Unnes sedangkan tes tertulis menggunakan bahan tes komputer dasar dari Udinus. Tujuan tes ini sebenarnya sederhana, namun bernilai stategis. Pertama, Dinas Pendidikan Jawa Tengah mendapatkan peta keterampilan TIK guru-guru RSBI se-Jawa Tengah (dan juga peta kompetensi melalui TOEFL dan TOEIC, yang diselenggarakan bersamaan). Kedua, hasil yang didapatkan bisa menjadi data bagi penyelenggaraan pelatihan-pelatihan tahap berikutnya.
Direncanakan jumlah peserta adalah 320 guru, yang terdiri atas 160 guru SMK dan 160 guru SMA, yang diundang dalam 4 gelombang. Pada kenyataannya sejumlah peserta yang diundang tidak datang, sehingga total keseluruhan peserta adalah sekitar 300 guru.
Kompetensi yang diujikan adalah kompetensi dasar komputer bagi guru, yakni kompetensi memanfaatkan perangkat lunak pengolah naskah, kompetensi perangkat lunak spreadsheet, perangkat lunak presentation slide development, dan pemanfaatan Internet untuk komunikasi dan pencarian informasi.
Kompetensi memanfaatkan perangkat lunak pengolah naskah yang perlu dikuasai guru cukup sederhana. Ini dikaitkan dengan kebutuhan guru untuk menulis perangkat pembelajaran, yang meliputi:
  1. Kemampuan mengetik naskah sederhana, yakni naskah satu atau dua kolom dengan pengaturan format alinea/paragraf, pemilihan jenis dan ukuran font, dan font style (reguler, italics, bold);
  2. Kemampuan mengetik tabel;
  3. Kemampuan mengetik borang;
  4. Kemampuan mengetik rumus atau formula;
  5. Kemampuan menyisipkan objek (gambar, foto, grafik) ke dalam naskah.
Kemampuan memanfaatkan perangkat lunak pengolah angka/data (spreadsheet), meliputi:
  1. Kemampuan memasukkan data ke dalam sel-sel spreadsheet;
  2. Kemampuan mengolah data sederhana (rerata, tertinggi, terendah, mengurutkan);
  3. Kemampuan mengklasifikasi data (ranking A, AB, B, BC, C, CD, Lulus, Tidak Lulus);
  4. Kemampuan membuat grafik sederhana (diagram batang, diagram lingkaran, diagram garis).
Kemampuan memanfaatkan perangkat lunak pengembang presentasi, meliputi:
  1. Kemampuan membuat slide sederhana, termasuk memilih tata letak (layout) yang tepat sesuai informasi yang disajikan;
  2. Kemampuan menyisipkan objek (gambar, foto, grafik) ke dalam slide;
  3. Kemampuan menyisipkan klip audio, klip video dan animasi ke dalam slide;
  4. Kemampuan memilih dan menggunakan theme/design untuk memperindah tampilan slide;
  5. Kemampuan mengatur animasi slide sesuai kebutuhan.
Kemampuan memanfaatkan perangkat lunak browser dan mesin pencari, meliputi:
  1. Kemampuan menggunakan perangkat lunak browser;
  2. Kemampuan menggunakan mesin pencari (disarankan: Yahoo! atau Google) secara efekltif dan efisien;
  3. Kemampuan mengidentifikasi halaman hasil pencarian;
  4. Kemampuan melakukan pencarian sederhana berdasarkan kata dan frasa kunci;
  5. Kemampuan melakukan pencarian dokumen spesifik;
  6. Kemampuan mengevaluasi kebenaran informasi yang diperoleh dari Internet secara singkat dan sederhana;
  7. Kemampuan memanfaatkan menggunakan sumber informasi di Internet secara etis.
Kemampuan berkomunikasi melalui jaringan Internet, terutama menggunakan fasilitas email, meliputi:
  1. Kemampuan mendaftar untuk memiliki account email;
  2. Menulis email sederhana
  3. Membaca email
  4. Menulis email dengan lampiran (attachment)
  5. Mengunduh (download) lampiran
  6. Bergabung ke dalam milis (newsgroup)
  7. Mampu menerapkan etika berkomunikasi melalui Internet
Mengapa guru (semua guru, bukan hanya guru sekolah RSBI) perlu kompeten menggunakan perangkat TIK, terutama komputer dan Internet. Makalah singkat yang aku buat mungkin bisa menjawab. Silahkan unduh kalau memerlukan.

No comments:

Post a Comment