Monday, April 26, 2010

Komentar Uji Kompetensi TIK Guru RSBI

Uji kompetensi TIK untuk guru-guru SMA/SMK RSBI berjalan baik. Lancar. Tidak ada masalah yang berarti. Sebagian besar juga menunjukkan hasil memuaskan. Memang, yang diujikan hanyalah kompetensi dasar menggunakan komputer dan jaringan Internet. Para guru hanya diminta menunjukkan performanya dalam menggunakan perangkat lunak pengolah naskah (wordprocessor), perangkat lunak pengolah angka (spreadsheet), perangkat lunak pengembang slide presentasi, browsing dan searching informasi di Internet, dan menggunakan email untuik berkomunikasi.
Sebelum uji kompetensi dilakukan, selaku koordinator aku menjelaskan tujuan uji kompetensi dan ruang lingkup atau materi yang diujikan, seraya menekankan pentingnya kejujuran. Percuma mendapatkan hasil baik bila merupakan hasil dari ketidakjujuran.
Beberapa hal yang terjadi selama berlangsungnya uji kompetensi menjadi catatan bagi aku maupun anggota tim yang lain. Beberapa hal yang perlu dicatat di sini antara lain"
  1. Meski ditekankan perlunya kejujuran, tetap saja ada yang mencoba berbuat tidak jujur. Antara lain mendownload file powerpoint yang sesuai dengan tugas yang diberikan (dengan mengetikkan kata kunci dan filetype), sedikit mengubahnya, dan lalu mengirimkannya ke email penguji. Ada juga yang bahkan tidak mengubahnya sama sekali. Jadilah, terkirim 23 frame slide dari yang diminta hanya 5-10. Tentu diperlukan 'sedikit' kepandaian untuk mencari dan memilih file jenis tertentu. Tidak diragukan, pelakuknya cukup faham menggunakan mesin pencari. Masalahnya: niatnya yang tidak jujur itu yang membuat penguji kecewa;
  2. Banyak terjadi salah menulis alamat email. Ini kesalahan yang manusiawi, maksudnya manusianya memang kurang teliti;
  3. Masih ada yang belum tahu cara melampirkan dokumen ke dalam email, sehingga naskah dari perangkat lunak pengolah naskah maupun spreadsheet di-paste begitu saja ke kotak pesan email;
  4. Ada juga hasil kerja yang tidak ditemukan artefaknya. Penguji meminta hasil kerja dikirim ke alamat email tertentu dan di-cc-kan ke alamat email pribadi salah seorang penguji. Bila gagal mengirim email (baik karena belum memiliki alamat email maupun oleh sebab-sebab lain) penguji akan mengambil hasil pekerjaan di komputer-komputer yang digunakan. Nah, ada juga file yang tidak ditemukan. Bisa jadi yang bersangkutan tidak mengerjakan sama sekali, nyasar disimpan di folder lain (tidak sesuai dengan yang ditentukan), atau terbawa di laptopnya tanpa melapor bahwa tes dikerjakan di laptopnya (yang file hasil kerjanya seharusnya diberikan ke penguji melalui flashdisk).
  5. Ada juga file yang terkirim ke email, tetapi setelah didownload ternyata tidak terbaca. Bisa jadi, waktu memampatkan (men-zip) file tersebut kondisi filenya masih terbuka sehingga yang termampatkan adalah shortcut-nya. Penguji berupaya mencari ke seluruh hardisk komputer lab yang digunakan. Banyak yang diketemukan, ada juga yang tidak ketemu.
Jadi, bila anda ikut uji kompetensi dan hasilnya tidak sesuai harapan anda, bisa jadi masalah-masalah teknis di atas ikut andil memberikan nilai yang lebih baik atau lebih buruk dari seharusnya.

1 comment:

  1. Kepada Yth. Bapak Hari Wibawanto,
    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Saya Ibu Tri Lestari dari SMA Negeri 1 Kebumen. Saya menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya atas komentar Bapak, insya Allah ini akan saya jadikan bekal untuk memperbaiki diri. Namun demikian, perkenankanlah saya untuk menyampaikan tentang tes membuat slide presentasi. Saya adalah salah satu peserta yang memanfaatkan search engine google karena saya menginterpretasikan (dan sepertinya saya SALAH interpretasi) bahwa peserta tes dituntut untuk dapat menunjukkan skill memanfaatkan internet (searching, browsing, dll) dalam menyelesaikan soal-soal tes termasuk tes membuat slide presentasi. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ternyata hal ini tidak sesuai dengan yang diinginkan TIM Penguji ICT. Berikut ini e-mail saya jika mungkin Bapak Hari berkenan untuk share tentang ICT dengan kami. trilestari_sman1kbm@yahoo.com.
    Terima kasih atas makalah Bapak Hari, sangat berguna untuk saya dan teman-teman guru.
    Wassalamu'alaikum Wr. Wr.

    ReplyDelete